Kami adalah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo yang sedang pengabdikan ilmu kita kepada masyarakat yang terbentuk dalam suatu kelompok KKN - T POSDAYA Desa Klurak. Dalam pembagiannya kita terbagi dalam beberapa kelompok untuk di tempatkan di kejurusannya masing - masing sesuai denga kejuruan yang di ambil, Kebetulan dari kita terdapat mahasiswa dari jurusan PAUD dan beberapa sistem dan metode pengajaran yang di ajukan dan di berikan kepada PAUD KARISMA DESA KLURAK sangat yaitu seabgai berikut:
1. Stimulasi
Pada hari pertama pukul 07.30 pagi,
kami perwakilan dari KKN-T Posdaya Desa Klurak, meminta izin untuk melakukan
pembelajaran di PAUD Kharisma.
Pada
hari petama kami menjelasakan kepada Bunda – Bunda PAUD Kharisma tentang
program yang akan kami sampaikan.
2.PembelajaranI
Pada hari pertama, kami memperkenalkan diri kepada para anak didik PAUD
Kharisma.
Setelah itu kami mulai pembelajaran kepada anak didik PAUD Kharisma tentang
mengenal warna, kemudian di lanjutkan dengan meremas koran untuk melatih
motorik halus anak dan ketajaman mata.
3.Pembelajaran II
Pada pembelajaran ke II, kami melakukan kegiatan bernyanyi angka 1 sampai
10 dengan konsep gerakan tangan kepada anak didik PAUD serta bermain tepuk
badut.
Pada
kegiatan selanjutnya, kami mengajarkan tentang kreativitas kolase dengan
menggunakan kapas dan gambar domba kepada anak didik PAUD.
4.Pembelajaran III
Pada pembelajaran ke III, kami bersama anak didik dan bunda – bunda PAUD
melakukan kegiatan senam ceria bersama.
Setelah kegiatan senam, anak – anak melakukan acara makan bersama dengan diikuti
ank didik PAUD secara bersamaan.
5.Pembelajaran IV
Pada pembelajaran IV kami mengadakan pembelajaran untuk mengelompokkan
warna pada beberapa kotak yang sudah di sediakan.
Kemudian
kami bernyanyi tentang warna dalam bahasa Inggris.
6.Pembelajaran V
Pada
hari itu kami mengenalkan huruf abjad kepada anak PAUD tanpa konsep. Selain itu
kami juga mengenalkan posisi atas bawah
kepada anak didik, dan dihari yang sama kami juga mengajarkan kreatifitas
mencocol menggunakan tisue dan spidol berwarna – warni. Yang bertujuan untuk
mengasah kreatifitas dan imajinasi anak didik.
7.Pembelajaran VI
Pada saat itu kami membantu bunda untuk mendampingi anak didik belajar
mewarnai dan diteruskan dengan membaca ikrar rukun islam. Yang ditujukan untuk
membiasakan anak didik untuk mengenal iman dan taqwa.
8.Pembelejaran VII
Pada hari itu kami membantu bunda untuk mengenalkan nama – nama binatang
dalam bahasa inggris dengan bentuk nyanyian. Dan diteruskan dengan pembelajaran
untuk mengasah kepercayaan diri anak dengan menyayikan lagu pilihannya sendiri yang di saksikan teman – teman dan
orang tua murid.
9.Pembelajaran VIII
Dihari jum’at kami selalu mengadakan pembelajaran kreatifitas di sekolah,
dan pada hari ini tema kreatifitas yang kami ambil adalah “ Kreasi Korek Api ”,
dimana anak didik menempelkan batang korek api pada gambar bendera yang telah
kami sediakan.
Selain
itu kami juga memberikan pengertian tentang bahaya dan kegunaan korek api.
Diakhir pembelajaran kami mengajak anak didik untuk bernyanyi bersama
Tidak ada komentar:
Posting Komentar