Selasa, 05 Maret 2013

Magang Di PAUD KARISMA DESA KLURAK

            
Kami adalah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo yang sedang pengabdikan ilmu kita kepada masyarakat yang terbentuk dalam suatu kelompok KKN - T POSDAYA Desa Klurak. Dalam pembagiannya kita terbagi dalam beberapa kelompok untuk di tempatkan di kejurusannya masing - masing sesuai denga kejuruan yang di ambil, Kebetulan dari kita terdapat mahasiswa dari jurusan PAUD dan beberapa sistem dan metode pengajaran yang di ajukan dan di berikan kepada PAUD KARISMA DESA KLURAK sangat yaitu seabgai berikut:


1. Stimulasi
Pada hari pertama pukul 07.30 pagi,  kami perwakilan dari KKN-T Posdaya Desa Klurak, meminta izin untuk melakukan pembelajaran di PAUD Kharisma.
Pada hari petama kami menjelasakan kepada Bunda – Bunda PAUD Kharisma tentang program yang akan kami sampaikan.


2.PembelajaranI
Pada hari pertama, kami memperkenalkan diri kepada para anak didik PAUD Kharisma.
Setelah itu kami mulai pembelajaran kepada anak didik PAUD Kharisma tentang mengenal warna, kemudian di lanjutkan dengan meremas koran untuk melatih motorik halus anak dan ketajaman mata.

3.Pembelajaran II
Pada pembelajaran ke II, kami melakukan kegiatan bernyanyi angka 1 sampai 10 dengan konsep gerakan tangan kepada anak didik PAUD serta bermain tepuk badut.
Pada kegiatan selanjutnya, kami mengajarkan tentang kreativitas kolase dengan menggunakan kapas dan gambar domba kepada anak didik PAUD.
4.Pembelajaran III
Pada pembelajaran ke III, kami bersama anak didik dan bunda – bunda PAUD melakukan kegiatan senam ceria bersama.
Setelah kegiatan senam, anak – anak melakukan acara makan bersama dengan diikuti ank didik PAUD secara bersamaan.

5.Pembelajaran IV
 Pada pembelajaran IV kami mengadakan pembelajaran untuk mengelompokkan warna pada beberapa kotak yang sudah di sediakan.
Kemudian kami bernyanyi tentang warna dalam bahasa Inggris.
6.Pembelajaran V
Pada hari itu kami mengenalkan huruf abjad kepada anak PAUD tanpa konsep. Selain itu kami juga  mengenalkan posisi atas bawah kepada anak didik, dan dihari yang sama kami juga mengajarkan kreatifitas mencocol menggunakan tisue dan spidol berwarna – warni. Yang bertujuan untuk mengasah kreatifitas dan imajinasi anak didik.
7.Pembelajaran VI
Pada saat itu kami membantu bunda untuk mendampingi anak didik belajar mewarnai dan diteruskan dengan membaca ikrar rukun islam. Yang ditujukan untuk membiasakan anak didik untuk mengenal iman dan taqwa.

8.Pembelejaran VII
Pada hari itu kami membantu bunda untuk mengenalkan nama – nama binatang dalam bahasa inggris dengan bentuk nyanyian. Dan diteruskan dengan pembelajaran untuk mengasah kepercayaan diri anak dengan menyayikan lagu pilihannya  sendiri yang di saksikan teman – teman dan orang tua murid.

9.Pembelajaran VIII
Dihari jum’at kami selalu mengadakan pembelajaran kreatifitas di sekolah, dan pada hari ini tema kreatifitas yang kami ambil adalah “ Kreasi Korek Api ”, dimana anak didik menempelkan batang korek api pada gambar bendera yang telah kami sediakan.
Selain itu kami juga memberikan pengertian tentang bahaya dan kegunaan korek api. Diakhir pembelajaran kami mengajak anak didik untuk bernyanyi bersama

 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar